Medan,
Plt. Sekda Provsu Ir. Ibnu Sri Hutomo, MM yang diwakili Staf Ahli Gubsu Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Nouval Mahyar, SH membuka Sosialiasi Pengelolaan Layanan E-Government yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara di Gedung Binagraha Medan, Kamis (5/10).
Adapun tujuan sosialisasi tersebut yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang perencanaan infrastuktur jaringan dan aplikasi dalam menunjang kegiatan E-Governmet serta mendorong pengelolaan pemerintah berbasis E-Government dalam rangka pemerintah yang bersih, transparan dan akuntabel.
Plt. Sekda Provsu mengatakan E-Governmet merupakan tata kelola pemerintah yang berbasis teknologi dan harus diterapkan di Provinsi Sumatera Utara sebagai wujud akses pelayanan yang efektif dan efisien untuk masyrakat.
“Agar sistem tata kelola E-Government terkoordinasi dengan baik harus didukung oleh OPD Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kab/Kota se-Sumatera Utara.” Ujar Plt. Sekda Provsu.
Lebih lanjut, E-Governmet yang dimaksud adalah penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) oleh pemerintah daerah untuk meningkatkan akses terhadap pelayanan publik dan penyampaian pelayanan publik (Publik Service Delivery).
“Penggunaan TIK pada pemerintah daerah untuk meningkatkan interaksi antara pemerintah dan masyarakat yang dapat mendorong masyarakat menjadi lebih partisipatif dan pemerintah menjadi lebih responsif.” Ujar Plt. Sekda Provsu.
Kadis Kominfo Provsu Drs. H. MHD. Fitriyus, SH, MSP selaku narasumber mengatakan bahwa menurut Peraturan Gubernur Sumatera Utara Nomor 49 Tahun 2012 Tentang E-Government Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yaitu Mengatur Hal-hal Yang Berkaitan Dengan Rencana Induk (Master Plan) Pengembangan E-government Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Tahun 2013 – 2017 yang memuat Kerangka pemikiran dasar , Cetak biru pengembangan, Pentahapan pengembangan dan Rencana implementasi.
Dengan adanya Smart Province di Provinsi Sumatera Utara diharapkan Penyediaan statistik pembangunan dan evaluasi kerja pembangunan OPD meningkat menjadi 100%, Sistem informasi berbasis IT dan Meningkatnya tingkat kepercayaan masyarakat.
Hadir selaku narasumber Kasubdit Teknologi dan Infrastruktur E-Government Kemenkominfo RI Bambang Dwi Anggoro, Direktur Inixindo Yogyakarta Andi Yuniantoro, serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara. (LIP)